Merokok Dapat Menyebabkan Pikun !

Merokok Dapat Menyebabkan Pikun ! Sepertinya sering kita mendengar dan melihat tentang bahaya dari merokok tetapi kok malah semakin banyak yah yang merokok terutama para pria, kalau kita teliti dibungkusnya itu sudah ditulis juga “ROKOK MEMBUNUHMU !”, tetapi kalau memang dasarnya memang suka merokok ya bagai mana lagi. Sudah bukan rahasia umum lagi jika merokok tidak hanya membahayakan sang perokok sendiri tetapi juga membahayakan orang-orang yang berada disekitarnya atau yang biasa di sebut perokok pasif. Sebuah penelitian membuktikan bahwa efek yang diderita oleh perokok pasif cenderung lebih berbahaya dibandingkan dengan si perokok aktif itu sendiri. Mungkin seharusnya peringatan dibungkus rokoknya itu ditambah lagi menjadi lebih panjang dan jelas, rokok membunuhmu dan orang-orang disekitar kamu ! . Seandainya Anda memang sayang dengan diri Anda sendiri, keluarga, teman, pacar atau orang lain yang dekat dengan Anda, mengapa Anda tidak berusahalah untuk berhenti merokok ?

Merokok Dapat Menyebabkan Pikun !

Sebuah hasil penelitian diluar negeri sana menunjukkan bahwa semakin banyak penyakit yang dapat di timbulkan oleh rokok. Dan yang terbaru adalah kalau merokok itu dapat menyebabkan pikun! Jadi bukan hanya kanker dan  jantung yang sering menjadi sasaran rokok saja tetapi penyakit pikun juga loh. Hasil penelitian itu juga menyebutkan bahwa rokok dapat merusak jaringan pembuluh darah dan selanjutnya akan merusak aliran darah sehingga semakin lama efek yang di timbulkan adalah kerusakan pada jaringan otak, ih ngeri kan ya.

Merokok Dapat Menyebabkan Pikun

Merokok Dapat Menyebabkan Pikun

Image source : health.com

Lalu bagaimana dengan gejala penyakit pikun ? Dementia atau pikun adalah sebuah gejala penyakit yang berhubungan dengan masalah ingatan atau meori dalam otak. Pikun itu sendiri biasanya dapat disebabkan oleh beberapa penyakit seperti cidera pada kepala, alzheimer, stroke,atau bisa juga karena adanya tumor pada otak dan sekarang pikun juga bisa disebabkan karena merokok!

Orang yang pikun rata-rata seringkali lupa atau kesulitan untuk mengingat hal-hal yang baru, dan bila terus dibiarkan maka memori atau masa lalunya  juga bisa hilang atau terlupakan contohnya lupa tanggal lahir, lupa alamat tinggal dan lupa nama anggota keluarganya sendiri.

Gejala lainnya adalah sering kebingungan sendiri dan mudah tersesat bila pergi dari rumah sendirian, juga sering lupa akan hal-hal kecil seperti lupa menyimpan uang, handphone, kunci dll. Selanjutnya lupa dan kesulitan dengan kebiasaan sehari-hari seperti mandi, makan, minum dan sebagainya. Keadaan ini akan tentunya di ikuti dengan perubahan kepribadian seperti tiba-tiba ketakutan tanpa sebab yang jelas, murung dan penderita pikun ini akan sulit memahami bahasa orang-orang dilingkungan sekitarnya sehingga akan sering terjadi miss komunikasi.

Jika sudah sampai ke tahap yang berat maka diperlukan pendamping, bisa seorang perawat atau suster yang harus terus menjaga dan mengamati perilaku penderita pikun ini. Tugas lainnya dari perawat adalah untuk membantu mempermudah aktivitas sehari-hari penderita pikun dan membuatnya agar selalu merasa aman dan nyaman.

Nah, Jadi untuk Anda yang masih sering merokok sebaiknya jika tidak ingin mengalami penyakit pikun dini dengan gejala seperti yang saya jelaskan diatas, segeralah untuk berhenti merokok saat ini juga ya ! Dengan Anda berhenti merokok maka akan memperpanjang umur Anda serta orang-orang yang berada di sekeliling Anda.

Sebagai tambahan berikut beberapa gejala yang ditimbulkan dari merokok :

1. Merokok dapat menyebabkan penyakit jantung
2. Merokok dapat menyebabkan hipertensi
3. Merokok dapat menyebabkan jerawat
4. Merokok dapat menyebabkan batal puasa
5. Merokok dapat menyebabkan kematian
6. Merokok dapat menyebabkan penyakit jantung koroner
7. Merokok dapat menyebabkan kanker
8. Merokok dapat menyebabkan serangan jantung

Jika ada yang lainnya nanti saya tambahkan 😀

loading...
Merokok Dapat Menyebabkan Pikun ! | Fariza | 4.5
error: Content is protected !!