Baju Pengantin Adat Jawa Pancarkan Aura Sakral Bersahaja

Bajumuslimpengantin.com – Baju pengantin adat jawa memang merupakan jenis pakaian tradisional yang tidak akan lekang oleh waktu. Pernikahan yang hanya sekali seumur hidup tentu harus dipersiapkan secara matang termasuk urusan penampilan. Hingga saat ini, baju pengantin adat jawa masih menjadi favorit sekalipun banyak sekali bermunculan model-model baju pengantin yang terbaru. Betapa luar biasanya hari yang paling spesial tersebut jika Anda bisa mengenakan baju pengantin tradisional, khususnya bagi  orang Jawa.

Ketika seseorang yang menikah mengenakan baju pengantin yang berasal dari budaya tempat tinggalnya, maka orang tersebut sudah melestarikan budaya luhur bangsa. Banyak orang yang cenderung memilih pakaian pengantin tradisional karena mereka akan terkesan lebih berwibawa. Banyak juga pengantin yang beranggapan bahwa ketika mengenakan pakaian pengantin tradisional, kesan yang ditimbulkan akan lebih sakral. Terlebih lagi jika kedua mempelai memang berasal dari satu budaya yang sama.

Baju Pengantin Adat Jawa Terbaru

Baju Pengantin Adat Jawa

Baju Pengantin Adat Jawa

Semakin berkembangnya jaman, baju pengantin adat jawa sudah banyak dimodifikasi mengikuti tren masa kini. Sekalipun baju pengantin tradisional tersebut dimodifikasi sedemikian rupa, namun model dasar dari kekhasan adat tidak boleh hilang. Modifikasi dilakukan agar tampilan baju lebih terlihat mewah dan modern. Tidak bisa dipungkiri bahwa tamu undangan yang datang bisa saja mengenakan baju yang mewah. Jadi, jangan sampai raja dan ratunya kalah dengan penampilan tamu undangan. Oleh karena itu, modifikasi perlu dilakukan.

Dalam memilih baju pengantin dengan adat jawa, Anda perlu menyesuaikan hal-hal detail yang juga berkaitan dengan konsep pernikahan Anda. Sebetulnya, baju pengantin adat jawa juga memiliki beberapa jenis dan makna masing-masing. Model baju wanita yang pertama adalah kebaya kutu baru. Model  ini merupakan kebaya yang sering digunakan wanita jaman dahulu.

Pakaian Pengantin Adat Jawa Putih

Pakaian Pengantin Adat Jawa Putih

Namun, setelah mengalami beberapa modifikasi, model ini merupakan model yang sederhana namun sangat elegan dan menggambarkan keanggunan. Pria akan mengenakan sorjan dengan warna senada. Model yang kedua adalah dodotan. Baju pengantin jawa kali ini berupa kemben yang menyerupai ratu. Jika mengenakan konsep ini, maka pengantin pria hanya akan mengenakan baju yang menyerupai rok. Model terakhir adalah jenis konvensional yang biasa dikenakan pengantin, yaitu kebaya dan sorjan biasa.

Model Baju Pengantin Adat Jawa

Model Baju Pengantin Adat Jawa

Tidak perlu khawatir jika Anda seorang muslim. Pakaian pengantin adat Jawa sekarang bisa dibuat agar lebih tertutup. Biasanya, wanita muslim yang ingin mengenakan pakaian pengantin tradisional akan mengenakan manset yang menutupi tubuhnya sebelum mengenakan kebaya. Oleh karena itu, dalam momen sekali seumur hidup ini, ajaran agama dan kebudayaan tetap bisa dipegang teguh. Setelah beberapa penjelasan di atas, ada baiknya momen yang paling membahagiakan seumur hidup ini bisa dipersiapkan dengan sebaik mungkin. Jika ingin terlihat sempurna di hari spesial, seseorang tidak harus mengenakan baju modern yang terinspirasi dari budaya luar negeri. Anda bisa menampilkan tampilan elegan dan bersahaja hanya dengan mengenakan baju pengantin adat jawa.

loading...
Baju Pengantin Adat Jawa Pancarkan Aura Sakral Bersahaja | Fariza | 4.5
error: Content is protected !!